Agar Menulis Tidak Membosankan Untuk Pemula


Menulis adalah aktifitas yang membosankan bagi sebagian orang. Namun, jika Anda menyukai tantangan, menulis bisa menjadi hobi yang sangat menyenangkan. Simak 6 tips untuk menulis tetap asyik. 



1. Mencatat apa yang terlintas


Bagi pemula menentukan ide gagasan pokok kemudian mengembangkanya adalah hal yang sulit. Daripada menghabiskan waktu untuk hal tersebut, sebaiknya langsung mencatata apa saja yang terlintas dipikiran Anda.


2. Perbanyak membaca artikel/menonton film


Membaca buku/menonton film untuk referensi agar kosakata yang kita kuasai semakin bertambah. Semakin banyak membaca akan semakin banyak kata yang diresepi oleh otak, sehingga semakin memicu otak untuk memproduksi kata-kata dan menjadi tulisan.


3. Tidak terpaku dengan aturan


Aturan tata bahasa tidak secara mutlak diterapkan untuk karya sastra. Namun, tulisan yang baik akan terikat dengan aturan sesuai dengan EYD dan PUEBI yang berlaku. Jangan takut menggunakan kata yang tidak baku. Karya sastra seperti puisi,cerpen,novel banyak menggunakan bahasa yang menentang konsistensi tata bahasa. Perlahan Anda akan mengerti makna kata mana yang tepat untuk digunakan dalam suatu kondisi. Semua itu akan dipahami jika Anda rajin berlatih menulis. 


4. Latihan menulis ulang dengan paraphrasing


Plagiarisme adalah hal yang sangat dilarang dalam karya sastra, namun copy paste adalah hal yang biasa jika Anda menuliskan sumber referensinya. Gunakan paraphrashing untuk pemilihan kosakata agar tidak melanggar kode etik penulisan. 


5. Aktif di group menulis


Bergabung di group untuk mendapatkan banyak teman dan berbagi informasi tentang kepenulisan. Dengan latar belakang yang berbeda dari setiap anggotanya kita bisa bertukar informasi mengenai kebiasaan, adat, budaya dan hal lain yang mungkin menarik untuk dijadikan karya sastra.


6. Berikan tulisanmu kepada teman agar mendapat masukan


Tips terakhir setelah tulisan Anda selesai, berikan kepada temanmu yang berperan sebagai pembaca untuk dibaca ulang dan tanyakan kepadanya apakah ada kata yang perlu dirubah. Karena karya sastra yang baik tidak hanya bisa dinikmati untuk penulis tapi juga pembaca. 


Sudah punya tulisan, tapi takut untuk dipublikasikan? Share tulisanmu ke https://chat.whatsapp.com/JE5C5EiTnGe8LsPJMviXVO untuk mendapatkan saran dan bisa langsung diterbitkan. 


Yuk! Mulai menulis dan buat karya sastra terbaikmu. 🤩

Comments

Popular posts from this blog

Belajar Menulis Artikel Untuk Pemula

Metode Belajar Gumbling Gerunds and Invinitives

Bersikap Bodo Amat itu Perlu!