Sakit Jiwa Bukan Gila




Terkejut! Kesekian kali berita duka datang dari industri hiburan Korea Selatan. Salah satu member ASTRO, Moonbin ditemukan meninggal dunia di kediamanya pukul 20.10 waktu korea selatan oleh Managernya. Polisi menyatakan bahwa Moonbin bunuh diri karena tidak ada tanda-tanda pembunuhan. Tetapi, polisi masih tetap melakukan otopsi untuk mengetahui sebab pasti kematianya. 


Bunuh diri bukanlah hal baru di Industri hiburan Korea Selatan. Pada tahun 2009, sebuah makalah tesis yang diajukan oleh aktris Korea Park Jin Hee menunjukkan bahwa sekitar 40% aktor Korea berpikir untuk mengakhiri hidupnya karena hidup terlalu melelahkan.


Lebih lanjut 30% mengatakan bahwa mereka telah mempertimbangkan secara serius untuk bunuh diri sebelumnya.


Beberapa alasan termasuk "privasi yang tidak terlindungi, komentar jahat, pendapatan yang tidak stabil, dan kecemasan tentang masa depan".


Sementara itu seorang pekerja di Industri Kpop, Ming Bang, menuliskan pendapatnya terkait mengapa banyak artis Korea yang memutuskan untuk bunuh diri di usia muda.


Masih teringat jelas mendiang Sulli (Fx) dan Kim Jonghyun (SHINee) yang juga ditemukan meninggal dunia di apartemenya karena bunuh diri. Kepopuleran dan paras yang menawan nyatanya tidak membantu mengatasi masalah depresi. 


Dalam sebuah platform Quora, Ming Bang menyebutkan bahwa kesehatan mental masih tabu di Korea Selatan.


Menjadi sakit jiwa dipandang sebagai kelemahan dan membawa rasa malu bagi keluarga.


Ketika orang-orang berjuang dengan kesulitan-kesulitan ini, mereka diberitahu bahwa mereka tidak dapat membicarakannya, tidak ada yang salah. 


Depresi jangan dianggap sepele, ini adalah salah satu gangguan mental yang menjadi penyebab bunuh diri paling tinggi. Gejala depresi yang tidak tertangani dengan baik membuat perasaan lelah dan putus asa. 


Cara terbaik untuk mencegah depresi menurut saya adalah mengenali diri sendiri. Usia muda adalah proses genting dalam fase kehidupan manusia untuk menemukan jati dirinya. Ketika seorang menemui suatu permasalahan, sementara dia belum mengenali identitas dirinya, bisa menjawab "Siapa aku?", dia tidak akan gelisah, kebingungan, ataupun kehilangan arah. Tetapi ketika dia tidak mengenali identitas dirinya sendiri, dia akan kebingungan dengan peran dirinya, dapat mengantarkan pada solusi yang kurang tepat. Sehingga muncul persoalan lain, yang pada puncaknya dapat mengalami konflik batin yang berkelanjutan, kehilangan dirinya, menutup diri dan komunikasi sosial yang kurang bagus. Kondisi tersebut, yang apabila tidak diatasi dengan tepat, kemudian dapat memunculkan motif bunuh diri.


Untuk kamu yang masih di fase ini. Tetap semangat! Tidak apa-apa jika kamu melakukan kesalahan. Jadikan pelajaran untuk tetap bertahan dan terus berjalan sampai tujuan. Kamu tidak sendiri. Proses mengenal siapa kamu memang sangat berat. Berdamai dengan keadaan dan diri sendiri adalah solusi yang tepat. 


Rest in peace, Moonbin ❤️

Keep healthy everyone, tetap jaga kewarasan. ❤️

Comments

Popular posts from this blog

Belajar Menulis Artikel Untuk Pemula

Metode Belajar Gumbling Gerunds and Invinitives

Bersikap Bodo Amat itu Perlu!